Survey Kepuasan Masyarakat

By Admin 26 Feb 2019, 11:33:39 WIB Informasi Berkala
Survey Kepuasan Masyarakat


Seiring kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan perbaikan pelayanan.

Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media masa dan jejaring sosial, sehingga memberikan dampak buruk terhadap pelayanan pemerintah, yang menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat.

Untuk mengetahui kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah, maka bisa diketahui melalui Survey Kepuasan Masyarakat sebagai tolok ukur menilai tingkat kualitas pelayanan.

Survey Kepuasan Masyarakat ini juga dapat dijadikan parameter mengetahui tingkat kinerja satuan kerja pelayanan secara periodik sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Bagi masyarakat, hasil survey kepuasan masyarakat dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan satuan kerja yang bersangkutan.

Untuk mengetahui tingkat kinerja satuan kerja pelayanan secara periodik dan sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik perlu dilakukan Survey Kepuasan Masyarakat sebagai tolok ukur menilai tingkat kualitas pelayanan.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan telah melakukan Survey Kepuasan Masyarakat setiap tahunnya. Berikut Hasil Survey Kepuasan Masyarakat dari Tahun 2015 – 2018 :

No.

Tahun

Indeks

Keterangan

1.

2015

72,989

Dilaksanakan oleh UNDIP Semarang

2.

2016 Periode Pertama

74,51

Dilaksanakan oleh STMIK Widya Pratama Pekalongan

3.

2016 Periode Kedua

72,89

Dilaksanakan Swakelola

4.

2017

71,01

Dilaksanakan oleh PT. Sinergi Sapta Anugerah

5. 2018

76,62

Kategori : BAIK

 




View all comments

Write a comment