Penggemukan SAPI Potong
Fattening Beef Cattle

By Abah Cholmed 18 Apr 2018, 09:23:58 WIB Potensi Investasi
Penggemukan SAPI Potong


PENGGEMUKAN SAPI POTONG
Fattening Beef Cattle


Uraian Proyek :
Permintaan produk daging, susu maupun kulit terus meningkat, seirama dengan pertumbuhan penduduk dan perkembangan perekonomian nasional. Impor ketiga produk tersebut cenderung terus meningkat, walaupun terjadi fluktuasi sebagai akibat adanya perubahan global maupun dinamika nasional. 

Kondisi Eksisting :
Ketersediaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah merupakan potensi yang dimiliki Kabupaten Pekalongan, yang dapat dikembangkan menjadi kawasan produktif di bidang ekonomi berbasis sumber daya alam. Akan tetapi potensi tersebut belum dapat dimanfaatkan secara optimal. 
Wilayah potensial untuk penggemukan sapi potong tersebar di beberapa wilayah, antara lain Kecamatan Talun, Kecamatan Doro, Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Kajen serta Kecamatan Kesesi. Kecamatan-kecamatan tersebut merupakan wilayah penghasil ternak sapi terbesar.
Potensi yang cukup besar di sektor pertanian, khususnya bidang peternakan cukup prospektif untuk dikembangkan, daya dukung lain yaitu posisi strategis Kabupaten Pekalongan yang berada di Jalur PANTURA. 
Adapun populasi sapi potong pada tahun 2016 sebanyak 22.357 ekor, dengan pemasaran untuk kebutuhan lokal, regional dan nasional. 

Analisis Pasar :
Keberadaan sapi potong di pasar ternak sangat bernilai ekonomis. Hal ini dapat diketahui dari tingginya ketimpangan permintaan dan pasokan. Dari tahun ke tahun permintaan akan daging sapi terus mengalami peningkatan, baik itu dalam skala lokal, regional maupun nasional. 
Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (APFINDO) membuat proyeksi bahwa pada tahun 2020 dengan jumlah penduduk Indonesia 281 juta orang membutuhkan konsumsi daging sapi 2,37 kg/kapita/tahun sehingga dibutuhkan produksi daging 1,04 juta ton/tahun atau setara pemotongan sapi 5,2 juta ekor/tahun.

Financial Analysis :
Rp. 52.262.900.000  (Investment Cost)
Rp. 6.400.044.733  (NPV)
1,12 (Provitable Index)
21% (IRR)
4,27 years (Payback Period)
 




View all comments

Write a comment