Pelayanan dan Pendampingan Pembuatan Izin Usaha Gratis Melalui Sistem OSS

By Admin 16 Apr 2019, 13:28:06 WIB Informasi Berkala
Pelayanan dan Pendampingan Pembuatan Izin Usaha Gratis Melalui Sistem OSS


Pelayanan dan Pendampingan Pembuatan Izin Usaha Gratis Melalui Sistem OSS
oleh DPM PTSP dan NAKER untuk Masyarakat Kabupaten Pekalongan

 

Dalam rangka mempercepat dan mempermudah proses pembuatan perizinan berusaha, guna menciptakan lingkungan usaha produktif yang dapat menarik minat dunia usaha untuk melakukan kegiatan usaha dan meningkatkan penanaman modal di Indonesia, Pemerintah Pusat melalui peraturan pemerintah republik Indonesia nomor 24 tahun 2018 menerapkan pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik melalui sistem OSS (Online Single Submission).

Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission yang selanjutnya disingkat OSS adalah Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi (PP RI No 24 Tahun 2018). Pembuatan izin usaha melalui sistem OSS ini, dapet diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun secara online melalui website https://oss.go.id/oss/ selama memiliki koneksi dengan jaringan internet. Pelaku usaha baik yang berbentuk perorangan maupun non perorangan (berbadan hukum) mulai dari usaha mikro sampai dengan usaha besar dapat mendaftarkan usahanya melalui sitem OSS untuk mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Ijin Usaha sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan.

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan terhadap kebijakan Pemerintah Pusat mengenai pelayanan perizinan berusaha melalui sistem OSS guna mempercepat dan memudahkan pelaku usaha dalam membuat izin usaha di daerah Kabupaten Pekalongan, maka Pemerintah Daerah melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPM PTSP dan NAKER) memberikan pelayanan dan pendampingan dalam membuatkan perizinan usaha melalui sistem OSS secara gratis kepada para pelaku usaha di Kabupaten Pekalongan. Disamping itu, DPM PTSP dan Naker Kab. Pekalongan juga menyediakan pelayanan untuk mencetakkan langsung dokumen NIB dan Ijin Usaha yang telah berhasil diterbitkan oleh Lembaga OSS setelah semua persyaratan dalam pembuatan izin tersebut terpenuhi. Pelayanan pendampingan dalam pembuatan izin usaha melalui sistem OSS yang disediakan oleh DPM PTSP dan Naker Kab. Pekalongan ini gratis dan tidak ada pungutan biaya sepeserpun untuk mengganti biaya administrasi atas pencetakkan dokumen izin usaha yang dibuat.

Pembutan izin usaha melalaui sistem OSS ini sangatlah mudah dan cepat. Apabila persyaratan yang dibutuhkan dalam pembuatan izin usaha telah lengkap, maka pelaku usaha tersebut langsung bisa mendapatkan ijin usaha yang dibutuhkan pada hari itu juga, bahkan proses pembuatan ijin usaha melalui sistem OSS ini, hanya membutuhkan hitungan menit. Rata-rata waktu yang dibutuhkan mulai dari proses pendaftaran sampai dengan ijin usaha diterbitkan, paling cepat 5 menit dan paling lama 1 jam, tergantung dari seberapa kompleks usaha yang dimiliki oleh pelaku usaha tersebut. Pelaku usaha yang sudah mendaftarkan usahanya melalui sistem OSS, akan mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha). NIB ini, merupakan pengganti dari TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Dari NIB tersebut, kita dapat mengetahui profil perusahaan dan kegiatan usaha apa saja yang dilakukan oleh pelaku usaha terdaftar.

Ada banyak sekali jenis perijinan usaha yang dapat diproses melalui sistem OSS ini, meliputi izin usaha mikro (IUM), surat izin usaha perdagangan (SIUP), izin usaha jasa konstruksi (IUJK), izin usaha industri (IUI), tanda daftar usaha pariwisata (TDUP), izin lembaga pelatihan kerja (LPK), izin lokasi, izin toko obat, izin usaha simpan pinjam koperasi, izin penyelenggaraan angkutan orang, izin usaha hortikultura dan lain-lain.

Kelengkapan syarat minimal yang harus disiapkan untuk mengurus ijin usaha melalui sistem OSS adalah :
1. KTP-el
2. NPWP
3. Alamat email aktif
4. Dokumen pendukung lainnya (disesuaikan dengan pembuatan ijin usaha yang dibutuhkan)


Khusus untuk pembuatan ijin usaha mikro (IUM), syarat yang diperlukan sangat mudah sekali. Pelaku usaha hanya perlu menyiapkan KTP dan alamat email aktif saja maka Izin Usaha Mikro bisa diterbitkan hanya dalam waktu 5 menit. Izin Usaha Mikro ini, ditujukan bagi pelaku usaha yang memiliki modal usaha paling besar Rp 50.000.000-, Meskipun usaha kita masih tergolong mikro, mendaftarkan ijin usaha kita melalui sistem OSS dan mengurus ijin usaha juga penting untuk dilakukan. Pembuatan ijin usaha ini, merupakan salah satu upaya untuk menurunkan resiko tersandung kasus hukum sekaligus bentuk kepatuhan dan kesadaran kita terhadap hukum. Dengan memiliki ijin usaha, peluang kita untuk mendapatkan permodalan dari inevstorpun, akan terbuka lebih lebar.
 

Ayo Daftarkan Usahamu melalui sistem OSS J

DPM  PTSP dan NAKER Kab. Pekalongan Siap Mendampingi Pelaku Usaha di Kab. Pekalongan untuk Mendaftrakan Ijin Usaha melalui Sistem OSS secara Gratis dengan pelayanan yang ramah J

PELAYANAN PERIJINAN USAHA OSS : MUDAH, CEPAT, GRATIS DAN TIDAK BERBAYAR !  J J J




Write a comment

Ada 8 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment