Inovasi Pelayanan Perizinan Berusaha dan Non Berusaha oleh DPM PTSP dan NAKER Kab. Pekalongan
Pelayanan Perizinan Berusaha dan Non Berusaha di DPM PTSP DAN NAKER KAB. PEKALONGAN

By Admin 15 Mei 2019, 14:57:57 WIB Informasi Berkala
Inovasi Pelayanan Perizinan Berusaha dan Non Berusaha  oleh DPM PTSP dan NAKER Kab. Pekalongan


Keterangan Gambar : Pelayanan Perizinan Berusaha dan Non Berusaha di Kantor DPM PTSP & NAKER KAB. PEKALONGAN


Beberapa inovasi pelayanan publik yang dikembangkan oleh DPM PTSP & NAKER Kabupaten Pekalongan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat kabupaten Pekalongan dalam hal mengurus perizinan berusaha dan non berusaha adalah sebagai berikut :

1. Pengembangan aplikasi perizinan online “SipTENAN”

Aplikasi yang dikembangkan oleh Dpmptsp dan Naker Kabupaten Pekalongan adalah "Sistem Informasi Perizinan Terpadu Kabupaten Pekalongan" atau yang disingkat menjadi "SIPTENAN". SIPTENAN adalah aplikasi perizinan berusaha dan perizinan non berusaha berbasis webBase yang bisa diakses oleh masyarakat dari semua perangkat, baik itu PC, Laptop atau bahkan smartPhone. Melalui aplikasi SipTENAN ini, pemohon/pelaku usaha dapat mengajukan permohonan perizinan secara online darimanapun dan kapannpun selama memiliki koneksi dengan jaringan internet. Pengembangan aplikasi “Siptenan” ini dilakukan untuk memudahkan pelaku usaha/pemohon dalam mengurus perizinan di Kabupaten Pekalongan secara praktis, cepat, transparan dan berkualitas. Melalui feature “Tracking Permohonan” dalam aplikasi “SipTENAN”, pemohon dapat mengetahui dan melacak sampai sejauh mana perizinan yang mereka ajukan telah diproses. Dari mulai pendaftaran, Penerimaan di Front Office, Pemrosesan di Back Office, bahkan sampai Persetujuan dari tingkat Kasie, Kabid danPengesahan di tingkat Kepala Dinas. Dengan demikian, pemohon tidak perlu lagi datang dan bolak balik ke kantor DPM PTSP dan NAKER Kab. Pekalongan hanya untuk menanyakan sampai sejauh mana perizinan yang meraka ajukan telah diproses.

2. Pengamanan dokumen perizinan dengan menggunakan QRCode

Dalam rangka mengatasi permasalahan terkait pemalsuan dokumen perizinan yang sempat terjadi di Kabupaten Pekalongan, DPM PTSP dan Naker Kab.Pekalongan menambahkan kode pengamanan berupa QRCode pada dokumen perizinan yang bisa dibaca dengan Scanner QRCode untuk mengetahui keaslian dan keabsahan dari dokumen perizinan tersebut. Dengan adanya pengamanan dokumen melalui QRCode maka dokumen perizinan yang diterbitkan oleh DPM PTSP dan Naker Kab. Pekalongan tidak dapat dipalsukan.

3. Penempatan personil OPD Teknis pada Dpmptsp dan Naker Kabupaten Pekalongan sebagai pelaksana teknis pelayanan perizinan Penempatan personil OPD Teknis pada Dpmptsp dan Naker Kabupaten
Pekalongan

Dalam rangka meningkatkan pelayanan perizinan serta terwujudnya pelayanan perizinan yang terintegrasi, birokrasi perizinan menjadi lebih mudah,murah, cepat, transparan dan akuntable dalam satu tempat. Tugas dari personil OPD Teknis tersebut memberikan layanan kepada pemohon yang membutuhkan kajian teknis / rekomendasi / komitmen dan/atau dokumen lainnya sebagai syarat perizinan yang dibutuhkan sesuai bidang urusan perangkat daerah induk, memproses sampai menyerahkan hasil dokumen teknis tersebut kepada pemohon. Ruang OPD teknis ini disediakan untuk memudahkan dan mempercepat para pemohon dalam mengurus perizinan karena dalam proses perizinan, ada yang melibatkan dinas teknis terkait seperti DPU TARU, DINKES, DISPERINDAGKOP & UKM, BAPPEDA, DINAS PERKIM & LH dan lainlain. Dengan adanya OPD Teknis di kantor DPM PTSP & Naker ini, maka pemohon tidak perlu lagi menempuh jarak yang jauh untuk mendatangi kantorkantor dinas terkait, mereka dapat berkonsultasi secara langsung pada OPD teknis di kantor DPM PTSP dan NAKER secara langsung.

4. Pelayanan dan Pendampingan Gratis dalam Pembuatan Perizinan

Berusaha melalui Online Single Submission (OSS) DPM PTSP dan Naker Kab. Pekalongan menyiapkan petugas khusus untuk membantu dan mendampingi para pemohon yang masih awam dengan sistem online dan merasa kesulitan dalam mendaftarkan perizinan mereka melalui sistem Online Single Submission. Disamping itu, DPM PTSP dan Naker Kab.Pekalongan juga menyediakan pelayanan untuk mencetakkan langsung dokumen NIB dan Ijin Usaha yang telah berhasil diterbitkan oleh Lembaga OSS setelah semua persyaratan dalam pembuatan izin tersebut terpenuhi. Pelayanan pendampingan dalam pembuatan izin usaha melalui sistem OSS yang disediakan oleh DPM PTSP dan Naker Kab. Pekalongan ini gratis dan tidak ada pungutan biaya sepeserpun untuk mengganti biaya administrasi atas pencetakkan dokumen izin usaha yang dibuat.

5. Penyediaan Fasilitas Arena Bermain Anak, Ruang Menyusui, Ruang Konsultasi/Pengaduan dan Ruang HelpDesk

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat, maka DPM PTSP & NAKER Kab. Pekalongan mendesain ruang pelayanan perizinan menjadi tempat yang sangat nyaman bagi pemohon dengan melengkapi beberapa fasilitas meliputi arena bermain anak, ruang menyusui, ruang konsultasi dan ruang helpdesk. Berbagai fasilitas yang disediakan ini dapat digunakan oleh masyarakat Kabupaten Pekalongan secara gratis.




Video Terkait:


View all comments

Write a comment